Meego 1.1 untuk O/S Mobile

Meego IVI 1.1Sistem Operasi Meego terus dikembangkan untuk perangkat mobile. Sistem Operasi yang dibangun di atas Linux yang merupakan hasil kerjasama Nokia & Intel baru saja mengumumkan rilis Meego 1.1 terbaru yang menyediakan dasar yang solid untuk perangkat dari vendor dan pengembang untuk mulai membuat perangkat lunak dengan target berbagai perangkat yang menggunakan arsitektur Intel Atom dan ARMv7 .

Feature Meego versi 1.1 meliputi:

  • Core OS 1.1 – basis konsolidasi sistem operasi umum bagi semua UXs
  • Netbook UX 1.1 – set lengkap aplikasi inti untuk netbook
  • In-Vehicle (INP) UX 1.1 – menyertakan contoh INP layar awal dan taskbar dibangun dengan Qt 4.7 dan speech recognition
  • Handset UX 1.1 – snapshot UX mengimplementasikan dasar pengembangan teknologi untuk panggilan suara, pesan SMS, web browsing, musik dan pemutaran video, melihat foto, dan manajemen koneksi
  • SDK 1.1 Beta – SDK untuk MeeGo Core OS dan UXs didukung akan dirilis pada hari-hari mendatang sebelum konferensi KTT MeeGo di Dublin

Yang baru dari Meego versi 1.1 ini adalah User Experience 1.1 yang ditargetkan untuk sistem hiburan dalam kendaraan seperti mobil. Berikut tampilan home dari In-Vehicle UX 1.1:

Meego IVI 1.1

Core 1.1 OS menyediakan satu set lengkap memungkinkan teknologi untuk komputasi mobile.

MeeGo stack berisi : Linux Kernel 2.6.35, X.org 1.9.0 server, Web Runtime, Qt 4.7, dan Qt Mobilitas 1.0.2, mendukung kontak, lokasi, pesan, multimedia, dan kerangka sensor dan pelayanan yang  juga mencakup sejumlah komponen terdepan, seperti telepon oFono stack, koneksi ConnMan manajer, pengindeks data Tracker, yang Telepati real-time komunikasi kerangka, kerangka Buteo sync, dan masih banyak lagi.

Teknologi Meego ini dibawa ke pengembang aplikasi melalui API MeeGo, yang didasarkan pada Qt dan teknologi lainnya, seperti MeeGo Touch Framework. Selain itu, dengan versi terbaru Qt 4.7 pengalaman pengembang MeeGo kini ditingkatkan dengan adanya QML, yang memudahkan karena dapat  menggunakan teknologi scripting untuk mengembangkan aplikasi GUI sentuhan dan animation-enabled.

Leave a Reply